RSS

Create Point pada Persimpangan/Perpotongan Jalan (Part I)

08 Mar

Untuk kebutuhan tertentu, kadang user perlu membuat objek titik pada setiap persimpangan atau perpotongan jalan pada Street Map, baik itu perempatan maupun pertigaan.  Berikut ini langkah-langkah untuk membuat titik atau Create Points atau Geocoding pada setiap Intersection/persimpangan jalan :

  • Buka file peta jalan, misalnya : Jalan1.TAB  (File > Open Table)
  • Buat dua file copy dari peta jalan tersebut dengan nama yang berbeda melalui menu File > Save Copy As, misalnya diberi nama Jalan2.TAB.
  • Buka kedua file tersebut (Jalan1.TAB, Jalan2.TAB) :

  • Query > SQL Select > isi sesuai gambar berikut :

  • Hasilnya :

  • File > Save Copy As query hasil intersect tersebut menjadi file tersendiri (misal : Intersect.TAB)
  • File > Open Table Intersect.TAB
  • Table > Maintenance > Table Structure > Uncheck “Table is Mappable”, tujuannya untuk “menonaktifkan” grafis peta atau menghapus gambar peta yang sudah terbentuk sebelumnya sehingga tinggal browsernya/data atributnya saja.

  • Lakukan query terhadap incomplete intersections, untuk mengetahui apakah ada record-record yang invalid :

  • Lalu Geocode table Intersect.TAB menggunakan salah satu peta Jalan (Jalan1.TAB atau Jalan2.TAB) melalui menu Table > Geocode. Di bawah ini adalah geocoding Automatic, dan hasilnya ternyata masih ada 566 record yang tidak tergeocode (hasilnya ada beberapa persimpangan jalan yg tidak ada terbentuk pointnya). Yg belum tergeocode dapat dilakukan geocode Interactive dengan memilih record2 mana saja yang sesuai dengan nama jalan yang bersangkutan. Jika ternyata masih ada saja yg belum tergeocode, dapat digeocode manual😀.

  • Hasilnya dapat dioverlaykan dengan peta aslinya :

Kemungkinan akan ada duplicate point pada lokasi yang sama apabila sebuah jalan dipotong oleh beberapa jalan lain lebih dari sekali.

Intersection tidak akan menggeocode objek2 yang tidak mempunyai nama jalan (nama jalan kosong) karena jalan yang tidak mempunyai nama tersebut banyak jumlahnya, padahal sebenarnya juga intersect dengan jalan-jalan yang lain, selain itu juga tidak ada cara untuk assign jalan yang mana yang diambil pada candidate list box geocode (koq agak susah menjelaskan yang bagian ini ya hehe😀, sori lelet cara menjabarkannya😦 ). Untuk mengatasi hal ini, sebelum melakukan query intersect di atas, sebelumnya dapat dilakukan query terhadap nama jalan yang tidak kosong (where condition : Name <> “”) kemudian di Save As lagi.

P.S.Double ampersand (“&&”) digunakan untuk mengetahui intersect antara dua nama jalan yang berbeda pada MapInfo (kecuali overpass atau underpass dimana tidak ada intersect).

Jika ditemukan beberapa garis yang tidak ada pointnya pada hasil akhir, kemungkinan karena nama jalannya sama antara kedua segment yang berpotongan. Nama jalan harus berbeda.

 
Leave a comment

Posted by on 8 March 2012 in MapInfo

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: