RSS

Menampilkan Data Excel di MapInfo

10 Apr

Memenuhi saran Mas Joseph yang comment pada halaman About Me, disini saya ulas mengenai bagaimana menampilkan data Excel di MapInfo. Untuk lebih jelas, dapat dibaca juga disini.

MapInfo mengijinkan user menggunakan data yang dibuat dalam format lain. Ketika kita membawa data dalam format lain di MapInfo untuk pertama kali, kita perlu mengidentifikasi formatnya. Sebagai contoh adalah data dalam format Microsoft Excel. Ketika kita membuka data (bukan hanya Excel), MapInfo otomatis akan membuat sebuah tabel. Tabel ini berisi minimal 2 file terpisah, yaitu :

  • File pertama berisi Struktur Data (.TAB). File ini berisi struktur table penyusunnya, yaitu nama kolom-kolom serta tipe datanya (Interger, Character, Float, Decimal, dsb).
  • File kedua berisi Raw Data (.DAT atau .WKS, .DBF, .XLS, .XLSX). File  ini berisi tabular data.

Kedua file tersebut biasa disebut data atribut. Jika data tersebut di atas dijadikan data spasial yang mempunyai object grafis, maka MapInfo akan membentuk dua file lain yang diasosiasikan dengan tabel atribut, yaitu :

  • .MAP, adalah file yang mendeskripsikan grafis object.
  • .ID, adalah file yang berisi link antara data dengan object.

Untuk menampilkan data Excel di MapInfo, berikut ini langkah-langkahnya :

  • File > Open > pilih File of Type : Microsoft Excel > centang Create copy in MapInfo format for read/write (tujuannya supaya file .TAB otomatis terbentuk pada folder yang bersangkutan dan file tersebut dapat langsung diedit, jika tidak dicentang, maka data excel yang dibuka di MapInfo hanya bersifat Read Only, tidak bisa diedit langsung jika tanpa Save Copy As sebagai .TAB file) > Open.

 

  • Pada Excel Information di bawah ini, centang Use Row Above Selected Range for Column Titles (tujuannya agar nama-nama kolom pada row pertama di Excel akan otomatis menjadi nama kolom pada tabel baru di MapInfo > OK.

 

  • Pada Set Field Properties di bawah ini menunjukkan struktur tabel, dimana nama kolom, type, dan Width dapat diedit sesuai kebutuhan atau mengikuti default setting yang sudah ada > OK.

 

  • Data dapat langsung diedit. Ini adalah data Excel yang sudah menjadi TAB, dan tidak ada link dengan data aslinya (Excel), sehingga jika TAB ini diedit, maka data asli Excel tidak akan berubah. File Excel akan tetap mempertahankan kondisi aslinya. Sampai disini sudah ada 2 file yang terbentuk (.TAB dan .DAT) tanpa grafis.

  • Pada contoh data tersebut terdapat kolom Longitude/Latitude yang dapat di Create Point untuk mendapatkan object grafisnya. Table > Create Points > set seperti gambar berikut :

 

  • Grafis sudah terbentuk.

  • Dapat dicheck pada Explorer, sekarang sudah ada 4 file MapInfo (dengan tambahan .MAP dan .ID).

 

Tidak ada koneksi khusus antara Excel dengan MapInfo, dimana pada MapInfo, Excel tidak dapat dikategorikan sebagai database. Antara .TAB yang sudah dibentuk oleh MapInfo dari file Excel dengan file Excel itu sendiri tidak ada relationship satu dengan yang lainnya, sehingga jika salah satu diedit, yang lain tidak ikut teredit otomatis. Jika ingin memperlakukan koneksi yang Automatic Updated antara kedua belah pihak, maka user harus menjalankan RDBMS (Relational Database Management System) melalui setting ODBC. Hal ini tidak mungkin dilakukan pada file Excel di MapInfo, karena Excel melakukan exclusive lock pada file .XLS. RDBMS pada MIPro minimal dapat dilakukan pada format Microsoft Access.

Semoga menjawab pertanyaan Mas Joseph.

f

 
24 Comments

Posted by on 10 April 2012 in MapInfo

 

24 responses to “Menampilkan Data Excel di MapInfo

  1. joseph

    10 April 2012 at 7:03 PM

    Terima kasih Mbak Endah, artikel yang bagus dan menjawab ketidaktahuan saya.

     
    • Kristi

      11 April 2012 at 8:04 AM

      Sama-sama Mas Joseph.

       
  2. seno

    27 June 2012 at 1:39 PM

    Mohon infonya mbak.. Kalo mendigit di map info, langkah awal dgn create new table, kmudian diisi dgn registrasi raster image dan diikat kordinat di 4 titik ujung, baru kemudian mendigit dgn menciptakan beberapa layer ( Layer Sungai, Jalan, Batas Kota, dll ), bagaimana cara menampilkan koordinat2 dari masing2 layer ya mbak ? disitu tiap layer jadi ada 5 jenis file yaitu dat, tab, id, map , mid. Sy coba buka file dat tp tidak ada data apa2. Mohon infonya mbak. Terimakasih sebelumnya.

     
    • Kristi

      27 June 2012 at 2:42 PM

      Hi Mas Seno, terima kasih pertanyaannya.

      Maksud Mas Seno mau menampilkan koordinat yang bagaimana ya? Di MapInfo ada beberapa cara menampilkan koordinat. Pertama, jika maksudnya menampilkan koordinat “CENTROID” pada masing2 layer, koordinat centroid dapat ditampilkan/ditambahkan pada browser/tablenya, atau jika hanya ingin melihat temporary dari Map Windownya, dapat didouble klik pada salah satu objek tertentu yg ingin dilihat koordinatnya. Kedua, jika maksudnya ingin mendapatkan informasi koordinat dari node penyusunnya, maka file TAB tersebut harus dikonversi ke format MIF.

      O ya, ini maksudnya tentang koordinat penyusun dari layer yg sudah selesai didigit kah?

       
  3. seno

    27 June 2012 at 3:54 PM

    Makasih reply nya mbak…
    Iya, maksudnya kordinat dari layer yg sudah ada. Misal layer jalan.. nah apa bisa nampilin kordinat dari garis yang membentuk layer jalan itu ?
    Kemudian apa bisa diimport ke software Surfer, mbak ?
    Terimakasih

     
    • Kristi

      27 June 2012 at 4:29 PM

      Kembali ke pertanyaan saya tadi hehe, maksudnya koordinat centroid jalan dimasukkan pada tabelnya atau koordinat penyusun node pada objek jalan?

      Tentang software Surfer, Mas Seno dapat check pada Surfer, apakah ada menu untuk import, jika ada, format apa saja yang dapat diimport? MapInfo mempunyai dua format untuk diimport di software GIS lain, yaitu .TAB atau .MIF.

       
  4. seno

    28 June 2012 at 8:45 AM

    Maaf baru balas pagi ini mbak.. Iya maksudnya koordinat penyusun node pada objek jalan.
    Surfer bisa import objek .MIF, mbak.
    Terimakasih

     
    • Kristi

      28 June 2012 at 11:37 AM

      Mas Seno, sudah saya jawab disini ya, silahkan dicoba.

      Untuk ke Surfer, berarti tinggal Export .TAB ke .MIF (caranya juga sudah tercantum di link tersebut) dan import .MIF tersebut di Surfer.

       
  5. agin

    5 August 2012 at 11:40 AM

    saya membaca posting ini dan berterimakasih atas ilmunya salam.
    *mohon izin copas untuk pengetahuan sendiri (bukan komersil)

     
    • Kristi

      6 August 2012 at 7:28 AM

      Sama-sama mas. Yup, silahkan copas.

       
  6. ipung

    8 September 2012 at 8:26 AM

    Manttep mbak tutornya, tp saya meng-open data *xls tapi setelah masuk dalam MI dalam format*TAB kok gak bisa di edit tu gmn ya mbak trs yang kedua bagaimana cara menampilkan tabel dalam workspacenya krn selama ini saya buat tabel garis scara manual. Mohon pencerhaanya…
    Trims.

     
  7. ipung

    8 September 2012 at 8:33 AM

    Ralat..
    Manttep mbak tutornya, tp saya meng-open data *xls tapi setelah masuk dalam MI dalam format*TAB kok gak bisa di edit tu gmn ya mbak trs yang kedua bagaimana cara menampilkan tabel dalam Layoutnya sehinngga produk *jpg nya “peta dan tabel data jadi satu kesatuan”, krn selama ini saya buat tabel garis scara manual. Mohon pencerhaanya…
    Trims.

     
    • Kristi

      10 September 2012 at 9:51 AM

      Mba/Mas Ipung,

      Kalo XLS tidak bisa dibuka, berarti itu readonly. Supaya bisa diedit, cara pertama sesuai di postingan saya disini, silahkan dicheck lagi tahapan awal di atas, yaitu centang “Create copy in MapInfo format for read/write” waktu open XLS di MIPro. Cara kedua, data excel yg tidak bisa diedit di MIPro tsb, lakukan copy sebagai file baru (File > Save Copy As), lalu open file baru yang sudah dalam format TAB tersebut dan edit sesuai kebutuhan.

      Mengenai layout, apakah maksudnya mengeluarkan data atribut/tabel di Layout Window? Caranya, munculkan dulu browser tabel atribut (tekan F2 atau Window > New Browser Window). Lalu pada Layout Window, buat Frame (dapat diambil dari tool Kotak Kuning dari menu Drawing Tool), maka akan keluar pop-up Frame Object, pada Window, pilih yg belakangnya ada nama Browser (misal : Indonesia Browser), maka tabel/browser akan muncul pada layout, tinggal diatur2 saja posisinya.

       
  8. WinoAgusto

    21 October 2012 at 9:47 PM

    salam kenal…
    mau tanya Mas, bagaimana cara memasukan lambang koordinat derajt, menit detik (DMS) di excel . misal : 105 23′ 43,4″. karena kl lambang derajat, menit detik hrs ditulis satu persatu kan rumit, dan koordinat DMS tersebut tetap dlm satu cell, bukn 3 cell di excel.
    (seperti kita mengcopi koordinat DMS di map source trs masuk ke excel, lalu menggunakan text to columns)

    atau ada cara atw program lain utk memasukannya secara otomatis…
    terimakash atas jaawabannya

     
    • Kristi

      31 October 2012 at 1:05 PM

      Salam kenal juga, secara default MapInfo tidak bisa melakukan hal tsb. Solusinya pakai syntax MapBasic, harus koding dulu.

       
  9. Winda

    28 November 2012 at 8:03 AM

    Izin Coppast untuk invent sendiri.

    Terimakasih share ilmunya.

    Sangat bermanfaat.

     
  10. harris

    14 December 2012 at 4:03 PM

    wah, keren blog-nya…sangat membantu buat Mapinfo user…
    Kalau bisa, diulas juga mengenai RDBMS pake ODBC….

    Salam Kenal.
    Harris

     
    • Kristi

      17 December 2012 at 3:25 PM

      Mas Harris, terkait ODBC bisa dicoba terlebih dulu dgn database yg simple, MS. Access, petunjuknya ada disini, setingan ODBC bisa diklik pada link Knowledge Base yg ada pd postingan tsb.

       
  11. ayu

    24 April 2013 at 9:15 AM

    bagaimana cara menampilkan jalan dari mapinfo kedalam quantum gis??

     
  12. adrian adnan

    23 September 2013 at 11:01 AM

    izin shared ya mbak Kristi

     
    • Kristi

      27 September 2013 at 3:51 PM

      Silahkan mas.

       
  13. Arif

    14 November 2013 at 2:41 PM

    Terima kasih, ilmunya bermanfaat banget, Semoga tuhan Membalas kebaikannya berkali lipat aamiin

     
    • Kristi

      15 November 2013 at 8:48 AM

      Amien. Terima kasih doanya mas.

       
  14. yustus

    6 August 2014 at 12:33 AM

    makasi mas yosep,kalau gambar diatas sdh sya bisa dri exelxnya.yg mau nanya adlh dri layer loyotnya mau di transver ke GPS yang blm ngerti…

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: